tiayunita

tips sehat


Tinggalkan komentar

Cara sehat membersihkan telinga

images

Kita seringkali berusaha keras untuk menghilangkan kotoran di telinga. Namun, tahukah Anda cara sehat membersihkan telinga? Saluran telinga dikenal sangat rapuh dan lembut, sehingga mudah terluka ketika dibersihkan. Ingat, sembarangan mengorek-ngorek telinga berisiko besar menimbulkan infeksi. Berikut adalah cara sehat membersihkan telinga, seperti dilansir Boldsky.

Step 1

Terapkan 3-4 tetes baby oil ke dalam telinga sebelum tidur dengan menggunakan jarum suntik. Anda dapat membeli jarum suntik – tanpa jarum – di apotek. Untuk menerapkan baby oil, miringkan kepala Anda dengan telinga menghadap ke atas, ke arah langit-langit. Buka sedikit daun telinga Anda agar minyak dapat masuk ke saluran telinga dengan mudah.

Step 2

Teteskan baby oil pada sepotong kapas. Lalu, gunakan itu untuk menyumpal telinga bagian luar. Tujuannya agar minyak yang telah dimasukkan ke dalam telinga tidak mengotori pakaian atau bantal ketika keluar.

Step 3

Biarkan baby oil tetap di telinga Anda selama 15 menit. Lamanya waktu membersihkan tergantung pada ada atau tidaknya sumbatan di telinga. Jika Anda mengalami sumbata kotoran di telinga, maka butuh waktu agak lama untuk melunakkan kotoran tersebut. 15 menit adalah waktu yang cukup untuk standar pembersihan telinga.

Step 4

Lepaskan bola kapas dari telinga dan buang. Kemudian isi jarum suntik dengan air hangat. Ini akan membersihkan sisa-sisa kotoran yang lengket di kanal telinga.

Step 5

Keluarkan air dari telinga dengan memutar kepala ke arah berlawanan. Taruh handuk bersih tepat di bawah telinga untuk menampung sisa air. Ulangi kelima langkah ini pada telinga yang lain.

Yang Anda butuhkan adalah:

1. Baby oil

2. Suntikan tanpa jarum

3. Kapas bersih

4. Handuk bersih

Jangan sembarangan membersihkan telinga dengan mengorek-ngoreknya hingga ke bagian dalam. Hindari pula penggunaan cotton bud yang sering memicu infeksi telinga. Kebersihan telinga memang harus dijaga, tetapi dengan cara yang benar.


Tinggalkan komentar

Tips Ampuh Mata Sehat

fghj

Mata adalah salah satu organ vital yang kadangkala kerap di nomorduakan dalam menjaga kesehatannya. Karena biasanya kita hanya mementingkan dan mengutamakan kesehatan tubuh saja atau diet sehat serta perawatan wajah. Namun sebetulnya mata juga memerlukan perawatan dan harus di jaga kesehatan nya karena tanpa mata tentunya kita akan mengalami beberapa kendala dalam beraktifitas.

Berikut adalah tips ampuh mata sehat yang sebaiknya dilakukan agar mata kita selalu dalam keadaan sehat.

  • Konsumsi buah-buahan dan sayur, terutama yang mengandung vitamin A seperti tomat dan wortel.Jika kamu sering bekerja dibelakang komputer, biasakan untuk tidak terus menerus menatap layar monitor, alihkan pandangan ketempat lain selama 3 menit dan lakukan yoga mata, yaitu mengedipkan mata dengan cepat beberapa kali untuk membantu mata agar relaks dan tidak tegang.
  • Dinginkan dua kantung teh dalam lemari es dan taruh teh tersebut diatas mata kamu setiap kamu selesai beraktifitas. Cara ini dapat membantu menyembuhkan mata lelahmu.Hindari penggunaan contact lens lebih dari 19 jam, karena dapat menyebabkan mata rusak.
  • Hindari membaca terlalu dekat, jarak minimal 30cm dan Jangan membaca dengan pencahayaan yang minim.
  • Selalu menggunakan pelindung mata jika harus berhadapan dengan zat-zat kimia berbahaya atau gas berbahaya lainnya.
  • Dinginkan 2 potong mentimun, masukkan ke dalam lemari pendingin selama beberapa menit, kemudian letakkan di atas mata dan tekan pelan-pelan selama 10 menit sebelum tidur malam untuk menghindari bengkak saat bangun.

Demikian tips ampuh mata sehat, semoga dapat berguna.


Tinggalkan komentar

Tips Ampuh Menghilangkan Uban

jh

Sungguh menjengkelkan jika usia masih muda tetapi rambut sudah ubanan. Jika kamu termasuk masih berusia muda tetapi sudah memiliki uban dan ingin menghilangkannya, mungkin dapat mencoba beberapa tips ampuh berikut. Tetapi sebelumnya kita cari tahu dulu apa sih sebenarnya penyebab timbulnya uban?
Uban dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah ;
1. Merokok ; Adanya nikotin didalam darah yang cenderung menghambat aliran Zat dan Gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

2. Faktor Genetik ; Faktor genetik atau faktor keturunan bisa menjadi penyebab timbulnya ubanmu. Coba kamu perhatikan orangtuamu, apakah mereka juga beruban  pada usia muda? Jika ya, berarti kamu memiliki faktor genetik yang menyebabkan timbulnya ubanmu.

3. Stress ; Stress yang berlebihan dapat mengurangi kadar vitamin B12. Dan apabila vitamin ini terus-menerus terkuras, dapat menyebabkan uban timbul lebih cepat. Tetapi ini hanya bersifat sementara saja, jika tubuh sudah tidak stress maka akan kembali normal dan uban pun tidak akan muncul kembali.

4. Zat Pengawet dan Zat Kimia ; Pemakaian shampoo, cat rambut, dan minyak rambut yang sembarangan juga dapat mempengaruhi timbulnya uban. Karena zat-zat tersebut akan meresap kedalam kulit kepala dan mempengaruhi produksi pigmen rambut. Maka berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan zat-zat kimia pada rambutmu.

Lalu bagaimana cara menghilangkan uban? Berikut tips ampuh menghilangkan uban.

  • Mengusapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut. Remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.
  • Mengusapkan minyak kemiri pada rambut, caranya sangrai kemiri lalu tumbuk hingga mengeluarkan minyak, usapkan pada rambut dan diamkan 15 menit, Setelah itu bilas hingga bersih dan keramas.
  • Cara lainnya adalah dengan menggunakan teh yang pekat dan tambahkan satu sendok garam kedalam teh tersebut. Tuangkan rata ke rambut sambil memijat kulit kepala. Biarkan satu jam, lalu bilas saja dengan air dingin dan jangan keramas, sebab khasiatnya akan hilang.

Selain itu juga kamu harus memperhatikan asupan makanan sehari-hari, dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, zat besi dan vitamin B lengkap, vitamin A yang terdapat pada sayuran hijau, dan zat mineral.


Tinggalkan komentar

Cara alami menumbuhkan rambut lebih cepat

rambut

Bertambahnya umur, bukan hanya kondisi kesehatan yang dapat menurun, kondisi kekuatan rambut pun kerap menurun. Rontok merupakan salah satu masalah rambut yang paling umum. Agar rambut tetap kuat dan bisa tumbuh secara sempurna, gunakan bahan alami berikut ini :

  • Ginkgo biloba . Tanaman yang berasal dari Cina ini terkenal untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya adalah untuk mengatasi kerontokan rambut. Pengobatan alternatif ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan batang rambut. Cara perawatan menggunakan ginkgo biloba adalah dengan mengoleskan minyak ginkgo biloba pada rambut dan kulit kepala. Minyak ginkgo biloba bisa didapatkan di apotik atau di toko obat cina.
  • Kulit apel . Kulit apel memiliki beberapa vitamin dasar yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu dapat menumbuhkan rambut secara sempurna. Buah yang kaya polifenol ini dapat memerangi masalah rambut rontok. Kulit apel dapat menjadikan rambut lebih sehat dan bernutrisi. Haluskan kulit apel, lalu terapkan pada rambut, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih.
  • Teh hijau . Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat sirkulasi darah ke rambut menjadi lebih baik. Selain itu, teh hijau juga berfungsi untuk membuat pertumbuhan rambut lebih cepat dan sehat. Cara perawatannya adalah dengan menyeduhkan teh hijau, lalu balurkan pada kulit kepala dan seluruh rambut. Lalu bungkus rambut menggunakan handuk, tunggu hingga 20 menit, lalu bilas sampai bersih.


Tinggalkan komentar

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Olahraga

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Olahraga

olahraga

Tingkatkan stamina dengan olahraga
Untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Seperti yang telah diketahui bahwa latihan olahraga dapat membuat tubuh sehat dan menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Tapi apa kita sudah mengetahui jenis olahraga yang cocok bagi kita dan cara menghindari cedera saat berlatih?

Berikut adalah tips untuk Anda sebelum melakukan latihan olahraga:

1. Konsultasi dengan dokter
Hal ini mungkin adalah hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan olahraga. Tanyakan kepada dokter pribadi, latihan apa yang cocok untuk fisik Anda dan bagaimana mencegah cedera yang tidak diinginkan saat berlatih.

2. Tahu cara menggunakan peralatan olahraga
Sebelum memulai aktivitas di gym, coba untuk caritahu tentang peralatan dan kegunaannya. Pelajari terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk menghindari cedera. Bila perlu bertanyalah pada pelatih personal Anda

3. Pakai perlengkapan olahraga yang tepat
Bila Anda akan melakukan kegiatan joging, maka gunakanlah sepatu berlari, begitupun dengan kegiatan atau jenis olahraga yang lain. Perlengkapan pendukung yang tidak tepat dapat membuat Anda cedera saat melakukan aktivitas olahraga.

4. Berusahalah dengan keras, tapi tidak memaksakan diri
Kegiatan olahraga akan berhasil bila Anda berusaha dengan keras dengan membakar kalori, menghasilkan keringat dan membuat jantung bekerja dengan baik. Tapi yang perlu diingat bahwa tiap manusia memiliki batas, dan ketahuilah batas yang Anda miliki. Bila tidak mampu, cobalah perlahan-lahan dan tidak usah terlalu memaksakan diri

5. Berikan tubuh kesempatan untuk tetap hidrasi dan bertenaga
Olahraga akan memaksa tubuh mengeluarkan cairan dan kalori. Baik untuk Anda mengonsumsi makanan satu jam sebelum olahraga dan meminum air mineral yang cukup sebelum olahraga, saat olahraga, dan bahkan sesudahnya untuk menjaga keseimbangan metabolisme pada tubuh.

6. Istirahat yang cukup
Imbangi kegiatan olahraga dengan hal ini. Idealnya, manusia membutuhkan waktu untuk tidur delapan sampai sepuluh jam tiap harinya. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan ini sehingga, kondisi fisik tetap terjaga dengan baik.


Tinggalkan komentar

7 Cara agar tidur lebih menyehatkan

tdr

Gangguan tidur merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa menimpa siapa saja. Kurang tidur tidak hanya membuat Anda mudah mengantuk, tetapi juga memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Lantas apa yang harus dilakukan? Langkah pertama adalah dengan membangun rutinitas sehat sebelum tidur. Berikut adalah beberapa tip yang dapat Anda coba untuk membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks sehingga membantu membawa Anda tidur lebih lelap dan menyehatkan:

1. Bersantai sebelum tidur

Berikan waktu untuk tubuh Anda bersantai minimal 30 menit sebelum pergi ke tempat tidur. Matikan televisi, komputer, video game, atau segala sesuatu yang dapat merangsang Anda untuk beraktivitas. Biarkan pikiran Anda beralih dari modus kerja ke modus tidur. Jauhkan segala macam bentuk barang elektronik, seperti handphone atau i-phone, dari tempat tidur Anda.

2. Makan, minum, dan menjaga kesehatan

Tubuh Anda ibarat mesin besar yang membutuhkan asupan makanan dan minuman untuk metabolisme. Hindari makan besar saat malam hari. Makanlah lebih awal dan hindari makanan berlemak atau makanan yang mungkin dapat mengganggu tidur Anda.

Untuk mendapatkan tidur malam yang baik, batasi pula konsumsi alkohol. Alkohol mungkin dapat membantu Anda tidur lebih cepat, tetapi justrru mengurangi kualitas tidur dan membuat Anda terbangun di pagi hari dengan mulut kering dan sakit kepala.

Kurangi kafein. Beberapa orang umumnya akan memiliki masalah gangguan tidur akibat efek dari konsumsi kafein. Seperti diketahui, efek kafein akan ada terus bekerja di dalam tubuh seseorang selama sepuluh jam. Ganti dengan air putih atau teh setelah makan siang.

Merokok juga dapat memicu masalah gangguan tidur. Kandungan nikotin jahat pada rokok merupakan stimulan yang dapat membuat Anda terjaga lebih lama.

3. Rileks

Jika Anda merasa sulit mengatasi stres, cobalah melakukan rutinitas yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks, misalnya berendam di air hangat atau meneguk segelas susu hangat. Lakukan sedikit peregangan atau teknik relaksasi napas dalam sambil mendengarkan alunan musik yang menenangkan. Matikan lampu untuk menginduksi produksi melatonin—hormon yang membantu Anda terlelap.

4. Atur jadwal tidur

Anda mungkin bukan lagi anak kecil yang dapat diatur kapan harus tidur dan bangun. Akan tetapi, mengatur jadwal tidur sangatlah penting. Idealnya, setiap orang harus dapat menentukan kapan waktu untuk tidur. Dengan memiliki jadwal tidur yang teratur, tubuh Anda akan mulai terbiasa untuk tidur tepat waktu. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur lebih awal agar tubuh Anda dapat beristirahat lebih panjang. Apa efeknya? Ketika bangun, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan bertenaga.

5. Hindari tidur siang terlalu sore

Berhati-hatilah dengan waktu tidur siang Anda. Meskipun tidur siang dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang atau mengejar kekurangan waktu tidur, tetapi jika Anda tidur siang terlalu sore, Anda mungkin akan mengalami kesulitan tidur di malam hari.

6. “Bersihkan” pikiran Anda

Bersihkan segala macam pikiran yang ada di benak Anda sebelum memutuskan untuk beranjak ke tempat tidur. Bagaimana caranya? Ambilah selembar kertas dan tuliskan segala masalah dan persoalan yang tengah Anda alami, seperti masalah terkait pekerjaan, konflik dengan seseorang, atau masalah keuangan. Jangan lupa pula untuk menuliskan setidaknya tiga hal yang dapat membuat Anda merasa bersyukur.

7. Gunakan aroma terapi

Minyak aromaterapi, seperti chamomile, juniper, lavender, marjoram, mawar, dan kayu cendana, memiliki efek sedatif (menenangkan) ketika dihirup. Gosokkan sedikit aroma terapi pada bagian dalam pergelangan tangan atau pada pelipis, lalu hiruplah aromanya hingga membuat Anda terhanyut ke alam mimpi.


Tinggalkan komentar

Memiliki Bibir Indah dan Sehat Alami Tanpa Operasi

Cara agar bibir sexy, tips biar bibir merah merona tanpa operasi

bibir

Selain sebagai salah satu organ pencecap, bibir juga sangat berpengaruh pada penampilan, terutama pada wanita. Bisa dibilang, bibir merupakan aksesori artistik yang sangat mempengaruhi performa keindahan wajah wanita.

Jadi sangat disayangkan bila keindahan dan kesehatannya diabaikan begitu saja, apalagi tak sedikit wanita lain yang rela mengoperasi plastik bibirnya agar terlihat penuh dan seksi. Padahal bila dipelihara dengan baik, Anda tak perlu repot-repot menguras kantong demi sebuah bibir yang sehat dan menarik.

Bibir yang sehat adalah bibir yang memiliki tekstur lembut dan merah alami. Kedua hal utama ini, dapat Anda dapatkan bila rajin melakukan hal-hal kecil di bawah ini:

1. Bersihkan bibir dengan pembersih sebelum tidur.
Membersihkan bibir kerap diabaikan, padahal tindakan ini penting untuk mensterilkan bibir dari bahan-bahan kimia, seperti yang terdapat pada sisa lipstik.

2. Oleskan pelembab sebelum tidur.
Agar kelembabannya terjaga, oleskan pelembap bibir tanpa warna sebelum tidur malam. Cara ini lebih efektif dibanding menggunakannya pada siang hari. Ketika tidur, bibir tidak banyak bergerak sehingga pelembab dapat meresap lebih optimal. Untuk bibir sensitif, pilih pelembab tanpa parfum.

3. Hindari cemilan asin yang berlebihan.
Makanan ringan yang asin, seperti keripik atau kuaci secara berlebihan dapat menyebabkan kulit bibir menjadi keriput dan teriritasi. Untuk menetralisirnya, bersihkan bibir dengan pembersih, lalu oleskan vitamin yang dilengkapi pelembab bibir.

4. Jaga kebersihan gigi dan mulut.
Jaga pula kebersihan gigi dan mulut, karena bakteri yang menempel pada gigi juga dapat menjalar ke bibir melalui air liur. Jika ada luka terbuka di bibir, meski kecil, bakteri sangat berpotensi menimbulkan infeksi ringan.

5. Konsumsi sayuran dan buah-buahan.
Agar kesehatannya terjaga, perbanyak asupan sayur dan buah-buahan segar dalam menu sehari-hari. Jangan lupa pula untuk terus minum delapan gelas sehari, agar bibir tak cepat kering akibat kekurangan cairan.

6. Madu agar bibir merah alami.
Aktor Ari Wibowo pernah membocorkan rahasia bibir merahnya, yaitu dengan secara rutin mengoleskan madu di bibirnya. Selain madu, jeruk nipis juga mampu menciptakan warna merah alami di bibir. Hindari terlalu banyak konsumsi rokok dan kopi, karena dapat membuat bibir menjadi kusam dan menghitam.

7. Bibir lembut dengan pepaya
Bibir lembut dan rileks dapat diperoleh dengan melakukan masker bibir yang terbuat dari jus pepaya yang kental. Pepaya memiliki kandungan enzim yang dapat membantu mengelupaskan kulit mata pada bibir, sekaligus menghaluskannya.

Caranya: Gosokkan secara perlahan jus tersebut dengan handuk lembut di sekitar bibir. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu basuh dan oleskan dengan lip balm.